Senin, 26 Juli 2010

Posted by Tipanilla erisman | Senin, 26 Juli 2010 | Category: |


1. Latar belakang dan sejarah jaringan

Sekitar pada tahun 1940-an seorang dari amerika melakukan sebuah penelitian yang ingin memanfaatkan sebuah perangkat koputer secara bersama . dan sekitar pada tahun 1950-an saat jenis computer mulai berkembang sampai tercipatanya super computer dan disebabkan oleh mahalnya harga perangkat computer maka ada tuntutan sebuah computer untuk melayani beberapa terminal. Sehingga disinilah muncul konsep distribusi proses berdasarkan waktu yang disebut TSS (time sharing system) dimana bentuk awal jaringan computer diaplikasikan.

Pada TSS beberapa terminal terhubung secara seri ke sebuah host computer . lalu konsep ini berkembang menjadi proses distribusi (distributed processing ) .


Dalam proses ini host computer melakukan pekerjaan besar secara parallel . selanjutnya ketika harga-harga computer kecil mulai menurun , maka penggunaan computer dan jaringannya sudah mulai banyak dari mulai menangani proses bersama maupun komunikasi antar computer (peer to peer system )tanpa melalui computer pusat . maka mulai berkembang teknologi jaringan “LAN (local area network). Dan saat internet diperkenalkan maka sebagian besar LAN yang berdiri sendiri mulai berhubungan dan jaringan terbesar di tingkat dunia yang disebut WAN (world area network) .

Currently have 1 komentar:

  1. Okeh, tugasnya sudah saya periksa...


Leave a Reply